hi guys happy reading ya!! :D
(bagi para wannabe FA khusunya) just share buat temen-temen barangkali ada yang mau apply FA ,agar mempersiapkan diri dgn baik.hehehe
Ini merupakan pengalaman kedua kalinya aku apply FA di Lion..berhubung no activities sambil nunggu hasil sbmptn, iseng deh nyoba FA lagi..
hmmm,sebenernya sih udah ga mau nyoba apply FA soalnya udh bosen ,(bosan dgn kegagalan-kegagalan yang pernah kualami ,lebih tepatnya)hahaha..
Berikut serangkaian tahap test FA di Lion Air :
1.Test perfomance
Test ini diawali dengan mengukur berat badan dan tinggi badan kita yang dilakukan oleh tim rekrutmen,oiya tinggi min 158cm.Hasil pengukurannya ditulis dalam data form calon FA oleh timrek,lalu setelah semua calon FA sudah selesai diukur, para kandidatnya disuruh baris seperti semula,lalu dipanggil nama2 yang tinggi nya kurang dan mereka gugur ga bisa lanjut ke tahap selanjutnya.sesudah itu kita dikasi form data diri calon FA gitu ,lalu kita disuruh keluar dari ruangan pengukuran tadi.Sementara nunggu ngisi data diri tsb,kita dipanggil 10 orang untuk masuk ke ruangan yang ada tim rekrutmennya.nah disana ada 2orang wanita tim rek lalu kami dibagi 2 kelompok 1 rekruter berhadapan dgn 5 orang .stelah itu kita satu persatu disuruh jalan maju trus balik lagi ke semula (no heels)lalu berdiri dengan satu kaki sepertinya tim rek mau liat keseimbangan kita kayaknya sih tp gatau juga deh..hahaha,lalu tangan,sikut,lutut,betis diliatin ama rekruternya ada luka ato gak,kebetulan aku gak ada bekas luka :).Nah satu lagi wajah ,muka kita diliat ada bekas luka ato jerawat ,kebetulan aku ada sedikit ada acne scars tp aku bilang lg proses treatment dan rekruter mentoleransi keadaan itu.sejauh ini aku LOLOS!next
2.Interview
nah setelah itu para kandidat yang lolos menunggu lagi untuk interview.Interview ini dilakukan perorangan(alias face to face ama si rekruter).Nah nama kita dipanggil sacara acak oleh tim.
grogi,deg-deg an,rasanya suhu ruangan itu makin dingin pas interview kwkwkkakkakaa ,
dia nyuruh perkenalan diri in English ,setelah itu si rekruter meluncurkan pertanyaan seputar FA..
inilah beberapa pertanyaan tsb :
-kenapa kamu mau jafi FA?
-apa motivasi kamu menjadi FA?
-menurut km FA itu apa?
-bandara2 di indonesia (kusaranin hapalin semua ,soalnya tiap orang beda2 daerahnya)
-dll selebihnya tentang kamu and background kamu
setelah itu aku keluar dari ruangan tsb lalu disuruh menunggu lg..
dan setelah semua kandidat selesai interview langsung dikabarin hasilnya .,(sebenernya sih aku rada ragu untuk lolos di tahap ini soalnya pas pertama kali nyoba di Lion aku gagal di tahap ini,udh gak berharap banyak sih)..
"kalian semua LOLOS!semuanya lanjut ke tahap psikotest"sempet gak percaya pas si rekruter ngomong gitu..
hahaha senang rasanya...next
3.Psikotest
SENANG DAN BAHAGIA,kurasakan pada saat itu..tapi masi harus berjuang lagi dengan tahap ini,haduhh panjang banget nih perjuangan rasanya gak ada habisnya.Tiba juga kami di sesi psikotest,psikotes ini berdurasi kurang lebih 3 jam lah..
**sedikit bocoran**
tipe soalnya (gambar ,logika,cerita ,hitungan,pastinya ENGLISH TEST secara kita kan mau around the world masa gatau basa inggris hehehee)
ehmmmm untuk psikotes ini aku rasa cukup bisa mengerjakan soal2nya apalagi tes itungan nya gak terlalu sulit sih menurutku ,maklum aku anak ipa pas SMA.. kl diibaratkan itungan itu kayak makanan sehari-hari buat aku...hehehee,but not for soal cerita!! asli deh soal cerita ini memusingkan saja,membingungkan dan aneh,aku rada gak bisa yang ini..tapi yasudahlah yang penting udah menjalankan tahap ini.
Setelah 3 jam berlalu psikotes pun berakhir lalu tim rekrutmen bilang untuk hasilnya nya kita tunggu maksimal 1 bulan, kalo gak ada panggilan berarti anda gagal.Jika lolos akan lanjut ke tahap Medex..
hari demi hari aku tak pernah lepas dari genggaman handphone ku.
satu minggu berlalu belom ada kabar(muingkin terlalu cepat pikirku)
dua minggu berlalu masih juga belum ada kabar ,lalu aku bbm beberapa teman yg sedang nunggu hasil psikotes,dan mereka pun belom ada kabar.
sudah tiga minggu dan tak ada panggilan sama sekali di handphone ku dr pihak Lion..dan beberapa temanku pun tak mendapat telpon dari ihak rekrutmen ,
cukup lelah untuk menunggu...dan aku pun belom tau apakah ini gagal atau memang hasil nya diundur??..,lalu aku sms salah satu temenku yang lain lagi ,dia juga mengikuti tes yang sama ..ternyata si temanku ini sudah mulai training di Lion ..
yah :(( gagal lagi deh (inilah yang terbesit di pikiranku)
mungkin belom rencana Tuhan kali ya ,yaudahlah
pasti readers mikirnya aku bakalan SEDIH ya??????
TOTALLY NOT!!! because of all failure i ever had, it make me strong hahahaha
"YOU GOTTA GET UP AND TRY TRY TRY" kata-kata ini yang bikin aku gak pernah bosan untuk nyoba nyoba nyoba selagi masih banyak peluang
buat yang mau nyoba lagi GOOD LUCK ya !
Pray and do your best :)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar